Blogger Widgets Memasukkan data kedalam sel ~ TIK

Rabu, 08 April 2015

Memasukkan data kedalam sel

  • Memasukkan Data Ke Lembar Kerja
Berbagai jenis data dapat dimasukkan ke dalam lembar kerja seperti teks, nilai, tanggal, jam dan lain sebagainya. Untuk memasukkan data ke dalam suatu sel,  langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1) Klik sel tempat yang akan dimasukkan data
2) Ketikkan data yang diinginkan
3) Kemudian tekan Enter, atau tekan tombol panah ke bawah dari keyboard
  •  Memperbaiki Kesalahan Pengetikan
Bila ada kesalahan pengetikan data, dapat diperbaiki dengan melakukan langkah  sebagai berikut :
 1.    Pilih sel yang datanya ingin diperbaiki lalu tekan tombol F2
 2.    Perbaiki data yang salah kemudian Enter
Karena jika tidak menggunakan F2 tetapi Delete, aka keseluruhan data pada sel akan terhapus.
  • Membuat Range / Blok Sel

       Pada saat menggunakan excel, kita tidak hanya bekerja dalam satu sel saja. Terkadang menggunakan kumpulan sel/grup. Misalnya ingin merubah jenis huruf, rumus atau mengcopy serta menghapus dalam beberapa kolom dan (atau) baris.
    Dalam kondisi yang seperti tersebut, dapat menggunakan range/blok sel untuk lebih memudahkan. Range dinamakan menurut alamat sel di ujung kiri atas sampai ujung kanan bawah. Contoh range dari sel B2 sampai F5 dituliskan sebagai range B2:F5 



  • Menghapus Data
          Untuk menghapus data di suatu sel atau range tertentu, dapat menggunakan tombol delete. Dan bila ingin menghapus format tampilan data/sel dapat dilakukan dengan klik tombol kanan mouse kemudian pilih Clear Contents.

   

  •  Mengatur Lebar Kolom

Kolom dalam excel dapat dirubah sesuai dengan keinginan ataupun sesuai dengan lebar dari teks yang ada di dalam sel. Adapun caranya adalah sebagai berikut :
a. Menggunakan Mouse
1. Arahkan pointer pada batas kanan kolom yang akan diubah hingga tanda plus warna putih berubah menjadi tanda panah dua arah.
2. Drag (klik tahan) mouse sampai lebar kolom yang diinginkan
b. Sesuai Dengan Data Terpanjang
1. Arahkan pointer mouse pada batas kanan huruf kolomyang akan diubah Lebarnya
2. Klik dua kali pada batas kolom. Lebar kolom akan mengikuti data terpanjang yang ada pada kolom.

 Meratakan Tampilan Data

Bila diperlukan, tampilan data yang tersimpan dapat diatur pada suatu sel atau range tertentu agar posisinya ditampilkan rata kanan, kiri, ditengah sel atau ditengah beberapa kolom tertentu. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan baris menu (menubar) atau toolbar formatting.
a. Meratakan Data dengan Perintah di Baris Menu (MenuBar)
1. Blok sel atau range yang akan diub
2. Klik menu Format  Cells pilih Alignment
3. Setelah muncul kotak dialog format cell, pilih tab Alignment
4. Lakukan pemilihan sesuai dengan keinginan:
•Vertical : digunakan untuk memilih perataan secara vertikal (atas bawah)
Top          : Rata atas
Center     : Rata tengah
Bottom    : Rata bawah
Justify     : Data ditampilkan pada sel secara penuh
•Horizontal : beberapa pilihan yang dapat dilakukan :
General           : Huruf rata kiri dan angka rata kanan
Left (Indent)   : Rata kiri
Center             : Rata tengah
Right               : Rata kanan
Fill                  : Mengisi seluruh sel dengan mengulang data
Justify             : Data ditampilkan pada sel secara penuh
Center Across Selection : Data ditampilkan ditengah –tengah beberapa kolom
•Orientation : untuk mengatur orientasi data dan derajat kemiringannya.
  • Klik OK
 
  • Membuat atau Memberi Garis pada Sel
          
Untuk memperindah atau untuk lebih memudahkan dalam pembacaan, dapat juga sel atau range diberikan garis pemisah. Dalam memberikan garis, dapat dilakukan sebagai berikut :
1.   Pilih sel atau Blok range sel yang akan diberikan garis pembatas
2.   Klik menubar Format Cell pilih Border
3.   Pada bagian Presets, pilih salah satu tombol
4.   Pada bagian Border, pilih garis pembatas yang diinginkan
5.   Pada kotak pilihan Style, pilih jenis garis yang diinginkan
6.   Pada kotak pilihan Color, pilih jenis warna untuk garis yang diinginkan
7.   Bila sudah selesai, klik OK


  •  Menyisipkan Sel, Baris Dan Kolom
Adakalanya dalam memasukkan data ada yang terlewatkan. Untuk itu perlu kita menyisipkan baris atau kolom. Adapun langkah-langkah yang ditempuh adalah sebagai berikut :
1.  Pilih sel atau buatlah range tempat sel, baris atau kolom baru akan disisipkan
2.  Klik pada menu bar :
•  Insert  Rows   : untuk menyisipkan baris baru
•  Insert  Columns   : untuk menyisipkan kolom baru
•  Insert  Cells   : untuk menyisipkan sel baru
  • Menghapus Baris/Kolom
          1. Tunjuk sel pada baris atau kolom yang akan dihapus
          2. Klik menu Edit, kemudian klik Delete
  •  Memindahkan Sel
          1. Pilih sel/range yang akan dipindahkan
          2. Lalu klik toolbar Cut (atau menggunakan menu Edit Cut)
          3. Pindahkan sel ketempat yang diinginkan
          4. Klik toolbar Paste (atau dari menu Edit Paste)
  •  Mengkopy Isi Sel
            1. Pilih sel/range yang akan dicopy
            2. Klik toolbar Copy (atau menggunakan tombol kanan
                Mouse lalu pilih Copy)
            3. Pindahkan isi sel ketempat yang diinginkan
            4. Klik toolbar Paste
                (atau menggunakan tombol kanan Mouse lalu pilih Paste)
  •  Membuat no Urut
Awali angka awal pembuatan nomor urut dengan tanda petik atas (‘) contoh (‘1) Kemudian copy ke bawah penunjuk sel diletakkan pada pojok kanan bawah, lalu tarik kebawah atau kekanan sesuai yang diinginkan.


  • Merubah Lebar Baris
           1. Blok range/daerah lembar kerja
           2. Pilih format Row Height
           3. Isikan nilainya, kemudian tekan OK
                Selain dengan cara diatas, dapat juga dilakukan dengan cara: letakan kursor pada garis baris yang akan diperlebar disebelah paling kiri (1,2,3,…) kemudian tarik ke bawah atau ke atas.



  •  Meletakan Posisi Judul agar Berada di Tengah
              1. Blog judul sepanjang kolom yang ada
              2. Lalu klik toolbar Merge and Center 
  • Mengurutkan Data
              1. Blok data yang akan diurutkan
              2. Klik menu Data Sort
                Pilih model pengurutan (ORDER) data . Ascending (AZ) digunakan untuk mengurutkan data dari data terkecil ke data terbesar, Descending( ZA) digunakan untuk mengurutkan data dari data terbesar ke terkecil.
                

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus