Blogger Widgets Mengurutkan data ~ TIK

Rabu, 08 April 2015

Mengurutkan data

Cara mengurutkan data di excel

Mengurutkan data (sort data) sering kita lakaukan dan sering kita temui menggunakan pengolahan data di excel dan sering kita temui. Misalnya saja dalam pekerjaan di kantor, pekerjaan sekolah, dan lainnya, yng berhubungan dengan data – data menggunakan pengolahan data Mc Exel.

Data sort atau mengurutkan data didalam pengolahan data Exel terbagi menjadi, yaitu mengurutkan data berdasakan abjad A-Z (Accending) dan mengurutkan data dari Z-A (Decending).
Untuk itu berikut tata cara yang bisa dilakukan untuk mengurutkan data :


Dari data tabel diatas dapat kita lihat bahwa data ibu kandung tertulis secara acak dan kita akan mengurutkan data nama ibu kandung tersebut secara berurut dimulai dari huruf A-Z.
Langkah-langkah mengurutkan data

1. Blok data yang dimulai dari B2:F18 lalu pilih menu data kemudian pilih sort


2. Jika sudah selesai maka akan muncul jendela sort, buang ceklist My data has header kemudian pilih sort by D. artinya headernya dibuang dan langsung ke isi tabel kemudian data nama ibu kandung yang berada di kolom D akan diurutkan secara otomatis yang tersorting secara accending


3. Klik OK dan lihat hasil yang diperoleh, data ibu kandung akan terurut secara otomatis berdasarkan abjad dari A-Z seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini


Selesai, data nama ibu kandung sudah terurut berdasarkan abjad dari A-Z, untuk desa, kecamatan, tingkat, dan umur akan secara otomatis mengikuti sesuai dengan nama ibu kandung nya. kecuali nomor urut, karena no urut tidak ikut disort.



0 komentar:

Posting Komentar